BARGE MANAGEMENT SYSTEM (BMS)



heloo...heloo...jrengg..jrenggg...jrengg.... haha :D
oke Mas Bro pada kesempatan kali ini saya mau ngebahas tentang BMS atau Barge Management System. Apa sih itu BMS? atau buat apa sih itu BMS? bagaimana bisa BMS berjalan/bekerja? nahhh, di sini saya bantu sedikit pencerahan tentang BMS tapi jangan terlalu percaya dan menelaah mentah-mentah ya... bisa saja kan saya bohong hehe :P apalagi kalo langung percaya.. wahhh bisa masuk neraka tuh hahaha musrik percaya sama gw mah!! wkwkwkwkw..
Ya sudah deh daripada gw jadi gila sendiri, mendingan gw bagi-bagi kegilaan gw sedikit sedikit menjadi bukit sama orang yang entah dari mana nyasar ke blog ini hehe..

Apa sih itu BMS?
Barge Management System atau BMS yang menurut ilmu terbatas gw adalah salah satu sistem navigasi untuk saling berkomunikasi sehingga barge/rig dapat memonitoring AHT (Anchor Handling Tug) pada saat menentukan posisi jangkar.
Kapan BMS digunakan? dan apa hubungannya? Bagaimana cara kerjanya? bla..bla..bla?
Menurut otak gila gw BMS digunakan pada saat Pekerjaan RIG Move (yang gw tau baru sebatas itu, emng pendek sih otak gw :( fiuhhh..)... nahh, bicara tentang hubungannya.. mungkin gambar di bawah bakalan ngasih gambaran sedikit bagaimana cara kerja BMS dan hubungannya
Gambar BMS diatas diambil dari salah satu referensi gw (gw gak mau sebut) nah sekarang waktu nya gw berubah ehhh jelasin... hati-hati loh yg gw jelasin setelah ini mungkin salah dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.. hehe
BMS Telemetry merupakan kuncinya. Teknis nya, BMS telemetry tersebut semacam radio komunikasi yang berguna memonitoring ataupun memberi perintah dari Barge ke AHT 1 maupun AHT 2. Misalkan barge memberi perintah ke AHT 1 untuk melakukan drop anchor pada suatu posisi yang telah ditentukan oleh barge dan memonitoring sampai AHT 1 ke posisinya dan melakukan drop anchor pada posisi yang telah sebelumnya diberikan oleh barge. pada saat AHT 1 drop anchor sesuai dengan posisinya Operator/Surveyor yang berada di AHT 1 akan mengklik suatu tombol pada software yang digunakan (misalkan hydropro) maka dengan otomatis BMS telemetry akan memberikan kembali posisi dari anchor yang telah di drop kembali ke barge (didapatkan koordinat dari anchor yg telah di drop dan langsung masuk pada monitor barge). Usually at least one AHT will have positioning equipment and personnel on board, and this would be used for laying any anchors in critical situations, e.g. across existing pipelines or cables. Position data from this AHT will be transmitted back to the Barge by a local telemetry link for display on the Barge navigation display screen.  This enables Anchor Handling activities to be monitored from the Barge so that the AHT can be seen to safely navigate any surface or subsurface obstacles.
Wanjritttt gw jadi inggris uy ngomongnya hahaha (jadi pabeulit sungut)
tapi kira-kira jelas gak ya? atau mungkin aneh gak ya gw jelasinnya dari keseluruhannya? hehe.. nanya aja deh kalo gw somplak jelasinnya, yaaa walaupun gw emang somplak hahahaha :P

Udahan ah kepanjangan capek ngetiknya.. hehe
mungkin di lain kesempatan gw bagi-bagi lagi deh pengetahuan kecil gw yg mungkin tidak bermanfaat buat yang baca :D

Ada unta jalannya somplak, kalo punya ilmu silahkan di share
gak nyambunggg, dongo!!!
bae ah duli bagong..... hahaha 


1 komentar:

  1. gan , ada SOP yang lengkap gak boleh donk gan di bagi dari step awal koneksi2 sampai ngejalanin , kalau ada dan berkenan boleh di share ilmunya , hatur nuwon

    BalasHapus